Kamis, 10 November 2016

simbol elemen kontrol dan sensor pneumatic

ciao mekalovers....

Masih berbicara tentang komponen pneumatic nih gaes. jika kemarin masmin memosting elemen kerja dari sistem pneumatic yaitu silinder kerja (aktuator). maka sekarang masming ingin memberikan informasi tentang apa saja sih elemen kontrol dan elemen sensor pada sistem pneumatic ini.

karena pada dasarnya sistem pneumatic itu dibagi menjadi 4 elemen gaes. yaitu:
1. elemen sumber
2. elemen sensor
3. elemen kontrol
4. elemen kerja

simak ulasan berikut tentang elemen kontrol dan elemen sensor dari sistem pneumatic yang berupa katup - katup ya mekalovers. elemen berikut diwujudkan dalam bentuk simbol. karena untuk menentukan suatu rancangan sistem pneumatic harus paham simbol yang digunakan.



KATUP  KONTROL  ARAH
1. Simbol Pensake-laran Katup


Komponen pneumatik secara normal digambarkan dalam diagram rangkaian pada kondisi tidak bekerja (tanpa energi) .


:

Posisi pensakelaran ditunjukkan oleh empat persegi panjang (kotak).



:

Jumlah kotak tergantung jumlah posisi pensakelaran



Fungsi operasi digambarkan di dalam kotak empat persegi panjang :


:

Arah panah menunjukkan arah aliran

:
Lubang tertutup ditunjukkan oleh dua garis yang digambarkan satu tegak lurus terhadap yang lain.


:

Sambungan line digambarkan di luar kotak empat persegi panjang.



2.  Simbol Katup Kontrol Arah
:

Katup  2/2 , posisi normal tertutup (NC)
·         2 (depan) menunjukkan jumlah lubang
·         2 (belakang) menunjukkan jumlah posisi
:
Katup  2/2 , posisi normal terbuka (NO)
:
Katup  3/2,  posisi normal tertutup (NC)
:
Katup  3/2,  posisi normal terbuka (NO)
:

Katup 4/2 ,
·         aliran dari 1 ke 2 dan dari 4 ke 3
:

Katup 5/2 ,
·         aliran dari 1 ke 2 dan dari 4 ke 5
:
Katup 5/3 , posisi tengah tertutup

3.   Operasi Pengaktifan Katup
Manual
:
Operasi tombol (umum)
:
Tombol
:
Operasi tuas
:
Pedal kaki
Mekanik
:
Operasi rol
:
Operasi rol, satu arah
:
Pegas kembali
     
:
Pegas center
Operasi Pneumatik
:
Pengaktifan langsung pneumatik
:
Pengaktifan tidak langsung pneumatik ( pilot / pemandu )
Operasi Listrik
:
Operasi dengan solenoid tunggal
:
Operasi dengan solenoid ganda
Operasi Kombinasi
:
Solenoid ganda dan operasi pilot ( pemandu ) dengan tambahan manual


 sekian dulu postingan masmin. kita lanjutkan macam - macam katup di postingan berikutnya. semoga berguna bagi mekalovers...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar