ciao mekalovers....
Masih berbicara tentang komponen pneumatic nih gaes. jika kemarin masmin memosting elemen kerja dari sistem pneumatic yaitu silinder kerja (aktuator). maka sekarang masming ingin memberikan informasi tentang apa saja sih elemen kontrol dan elemen sensor pada sistem pneumatic ini.
karena pada dasarnya sistem pneumatic itu dibagi menjadi 4 elemen gaes. yaitu:
1. elemen sumber
2. elemen sensor
3. elemen kontrol
4. elemen kerja
simak ulasan berikut tentang elemen kontrol dan elemen sensor dari sistem pneumatic yang berupa katup - katup ya mekalovers. elemen berikut diwujudkan dalam bentuk simbol. karena untuk menentukan suatu rancangan sistem pneumatic harus paham simbol yang digunakan.
sekian dulu postingan masmin. kita lanjutkan macam - macam katup di postingan berikutnya. semoga berguna bagi mekalovers...
KATUP
KONTROL ARAH
|
||
1. Simbol Pensake-laran
Katup
|
Komponen
pneumatik secara normal digambarkan dalam diagram rangkaian pada kondisi
tidak bekerja (tanpa energi) .
|
|
:
|
Posisi
pensakelaran ditunjukkan oleh empat persegi panjang (kotak).
|
|
:
|
Jumlah kotak tergantung jumlah posisi
pensakelaran
|
|
Fungsi operasi
digambarkan di dalam kotak empat persegi panjang :
|
||
:
|
Arah panah menunjukkan arah aliran
|
|
:
|
Lubang tertutup
ditunjukkan oleh dua garis yang digambarkan satu tegak lurus terhadap yang
lain.
|
|
:
|
Sambungan line digambarkan di luar
kotak empat persegi panjang.
|
2. Simbol Katup Kontrol Arah
|
||
:
|
Katup 2/2 ,
posisi normal tertutup (NC)
·
2 (depan) menunjukkan jumlah lubang
·
2 (belakang) menunjukkan jumlah posisi
|
|
:
|
Katup 2/2 , posisi normal terbuka (NO)
|
|
:
|
Katup 3/2,
posisi normal tertutup (NC)
|
|
:
|
Katup 3/2,
posisi normal terbuka (NO)
|
|
:
|
Katup
4/2 ,
·
aliran dari 1 ke 2 dan
dari 4 ke 3
|
|
:
|
Katup
5/2 ,
·
aliran dari 1 ke 2 dan
dari 4 ke 5
|
|
:
|
Katup 5/3 , posisi tengah tertutup
|
3. Operasi Pengaktifan Katup
|
||
Manual
|
||
:
|
Operasi tombol (umum)
|
|
:
|
Tombol
|
|
:
|
Operasi tuas
|
|
:
|
Pedal kaki
|
|
Mekanik
|
||
:
|
Operasi rol
|
|
:
|
Operasi rol, satu arah
|
|
:
|
Pegas kembali
|
|
:
|
Pegas center
|
|
Operasi
Pneumatik
|
||
:
|
Pengaktifan langsung pneumatik
|
|
:
|
Pengaktifan tidak langsung pneumatik ( pilot / pemandu
)
|
|
Operasi
Listrik
|
||
:
|
Operasi dengan solenoid tunggal
|
|
:
|
Operasi dengan solenoid ganda
|
|
Operasi
Kombinasi
|
||
:
|
Solenoid ganda dan operasi pilot ( pemandu ) dengan
tambahan manual
|
sekian dulu postingan masmin. kita lanjutkan macam - macam katup di postingan berikutnya. semoga berguna bagi mekalovers...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar