hari ini masmin mw meneruskan postingan kemarin nih tentang simbol elemen kontrol dan sensor pneumatic. jika kemarin masmin memosting hanya simbol yang digunakan. maka postingan kali ini masmin ingin menjelaskan secara lebih mendetail. simak postingan masmin berikut ini.
Macam-macam Katup
|
|||
Katup 3/2, Dudukan Bola, Posisi Normal Tertutup (NC)
|
|||
Tidak
Aktif
|
:
|
Gaya
pegas mendorong piringan sehingga menutup aliran dari suplai udara 1 ke
lubang keluaran 2. Lubang keluaran 2 terhubung dengan lubang buangan 3.
|
|
Aktif
|
:
|
Awalnya
lubang buangan terblokir dan aliran dari 1 ke 2 terbuka.
|
|
Keistimewaan
|
:
|
·
Pensakelaran (switching) tidak bersamaan.
·
Sederhana, desain biaya rendah
·
Ukuran kecil
|
|
Katup 3/2, Dudukan Bola, Posisi Normal Terbuka (NO)
|
|||
Tidak
Aktif
|
:
|
Gaya
pegas mendorong piringan menutup lubang buangan 3. Suplai udara dari lubang 1 terhubung dengan lubang buangan 2.
|
|
Aktif
|
:
|
Awalnya
lubang suplai udara diblokir , kemudian aliran dari 2 ke 3 terbuka.
|
|
Keistimewaan
|
:
|
·
Pensakelaran (switching) tidak bersamaan.
·
Luas penampang aliran yang lebih besar
dengan langkah operasi yang lebih pendek.
·
Tidak peka terhadap kotoran
·
Umur pemakaiannya panjang.
|
|
Katup 3/2,
Pneumatik Tunggal, Posisi Normal Tertutup
|
|||
Tidak
Aktif
|
:
|
Gaya
pegas mendorong piringan sehingga menutup aliran dari suplai udara 1 ke
lubang keluaran 2. Lubang keluaran 2 terhubung dengan lubang buangan 3.
|
|
Aktif
|
:
|
Awalnya,
sinyal pneumatik pada lubang kontrol 12 memblokir udara buangan 3, kemudian
membuka aliran dari 1 ke 2.
|
|
Kontrol dengan Pemandu (Pilot
Control)
|
||
Katup dengan
kontrol pemandu digunakan untuk mengurangi gaya pengaktifan.
Katup dengan
kontrol pemandu terdiri dari 2 katup :
·
Katup kontrol pemandu (katup 3/2) dengan
ukuran kecil dan
·
Katup utama
|
||
Saluran
udara dengan diameter kecil menghubungkan lubang suplai udara 1 dari katup
utama dengan katup kontrol pemandu.
Jika
batang dari katup kontrol pemandu diaktifkan, udara bertekanan mengalir ke
piston pemandu dari katup utama dan katup utama aktif.
|
||
Katup 3/2 Operasi Dengan Rol,
Kontrol Pemandu
|
|||
Tuas rol diaktifkan
oleh bubungan (cam) pada silinder.
Gaya pengaktifan diperkecil melalui kontrol pemandu.
Pemilihan posisi NC
ke NO dapat dilakukan dengan menukar lubang 1 dan 3.
|
|||
Katup 4/2,
Dudukan Piringan
|
||
Katup dengan
dua piston pemandu
Katup ini
merupakan kombinasi dari dua katup 3/2 :
·
Katup 3/2 dengan posisi NC
·
Katup 3/2 dengan posisi NO
Katup 4/2
digunakan untuk menjalankan silinder kerja ganda.
|
||
Katup
5/2 Pengaktifan Pneumatik Ganda, Dudukan Piringan Geser
|
|||
Katup mempunyai
fungsi memori (penyimpan). Sinyal pendek (pulsa) cukup untuk mengaktifkannya.
Sinyal pneumatik
digunakan pada lubang 12 menyebabkan aliran dari lubang 1 ke lubang 2.
Sinyal pneumatik
digunakan pada lubang 14 menyebabkan aliran dari lubang 1 ke lubang 4.
Jika kedua sinyal
digunakan secara bersamaan pada kedua lubang kontrol (12 dan 14), sinyal
pertama yang masuk salah satu lubang kontrol adalah yang doniman.
|
|||
Kegunaan
|
:
|
·
Untuk mengontrol
silinder kerja ganda
|
|
kurang lengkap min
BalasHapus