Jumat, 11 November 2016

Macam - macam katup pneumatic

Pagi mekalovers..

hari ini masmin mw meneruskan postingan kemarin nih tentang simbol elemen kontrol dan sensor pneumatic.  jika kemarin masmin memosting hanya simbol yang digunakan. maka postingan kali ini masmin ingin menjelaskan secara lebih mendetail. simak postingan masmin berikut ini.



Macam-macam Katup
Katup 3/2, Dudukan Bola, Posisi Normal Tertutup (NC)
Tidak Aktif
:
Gaya pegas mendorong piringan sehingga menutup aliran dari suplai udara 1 ke lubang keluaran 2. Lubang keluaran 2 terhubung dengan lubang buangan 3.
Aktif
:
Awalnya lubang buangan terblokir dan aliran dari 1 ke 2 terbuka.
Keistimewaan
:
·         Pensakelaran (switching) tidak bersamaan.
·         Sederhana, desain biaya rendah
·         Ukuran kecil
           







Katup 3/2, Dudukan Bola, Posisi Normal Terbuka (NO)
Tidak Aktif
:
Gaya pegas mendorong piringan menutup lubang buangan 3. Suplai udara dari  lubang 1 terhubung dengan lubang buangan 2.

Aktif
:
Awalnya lubang suplai udara diblokir , kemudian aliran dari 2 ke 3 terbuka.

Keistimewaan
:
·         Pensakelaran (switching) tidak bersamaan.
·         Luas penampang aliran yang lebih besar dengan langkah operasi yang lebih pendek.
·         Tidak peka terhadap kotoran
·         Umur pemakaiannya panjang.










Katup 3/2, Pneumatik Tunggal, Posisi Normal Tertutup

Tidak Aktif
:
Gaya pegas mendorong piringan sehingga menutup aliran dari suplai udara 1 ke lubang keluaran 2. Lubang keluaran 2 terhubung dengan lubang buangan 3.

Aktif
:
Awalnya, sinyal pneumatik pada lubang kontrol 12 memblokir udara buangan 3, kemudian membuka aliran dari 1 ke 2.








Kontrol dengan Pemandu (Pilot Control)



Katup dengan kontrol pemandu digunakan untuk mengurangi gaya pengaktifan.

Katup dengan kontrol pemandu  terdiri dari 2 katup :
·         Katup kontrol pemandu (katup 3/2) dengan ukuran kecil dan
·         Katup utama



Saluran udara dengan diameter kecil menghubungkan lubang suplai udara 1 dari katup utama dengan katup kontrol pemandu.
Jika batang dari katup kontrol pemandu diaktifkan, udara bertekanan mengalir ke piston pemandu dari katup utama dan katup utama aktif.



Katup 3/2 Operasi Dengan Rol, Kontrol Pemandu



Tuas rol diaktifkan oleh bubungan (cam) pada silinder.  Gaya pengaktifan diperkecil melalui kontrol pemandu.

Pemilihan posisi NC ke NO dapat dilakukan dengan menukar lubang 1 dan 3.










Katup 4/2, Dudukan Piringan



Katup dengan dua piston pemandu

Katup ini merupakan kombinasi dari dua katup 3/2 :
·         Katup 3/2 dengan posisi NC
·         Katup 3/2 dengan posisi NO

Katup 4/2 digunakan untuk menjalankan silinder kerja ganda.








Katup 5/2 Pengaktifan Pneumatik Ganda, Dudukan Piringan Geser


Katup mempunyai fungsi memori (penyimpan). Sinyal pendek (pulsa) cukup untuk mengaktifkannya.

Sinyal pneumatik digunakan pada lubang 12 menyebabkan aliran dari lubang 1 ke lubang 2.

Sinyal pneumatik digunakan pada lubang 14 menyebabkan aliran dari lubang 1 ke lubang 4.

Jika kedua sinyal digunakan secara bersamaan pada kedua lubang kontrol (12 dan 14), sinyal pertama yang masuk salah satu lubang kontrol adalah yang doniman.

Kegunaan
:
·         Untuk mengontrol silinder kerja ganda


1 komentar: